Pemerintahan

Meski Ditunda, DPMD Pastikan Pilkades Digelar Tahun ini

CIKARANG, ilookbekasi.id

Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bekasi dipastikan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Padahal, seluruh tahapan telah dilaksanakan, termasuk kampanye hingga pemasangan alat peraga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengatakan, penundaan pilkades sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19.

Belum diketahui kapan pesta demokrasi di tingkat desa itu digelar. Namun, diharapkan pilkades dilaksanakan tahun ini. “Harapannya tidak nyebrang tahun depan, masih digelar tahun ini. Tapi karena mengacu surat kemendagri, sampai saat ini masih dilakukan,” kata Ida usai menghadiri pertemuan dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Rabu (17/6/2020).

Pertemuan yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi ini membahas tentang kepastian pelaksanakaan pilkades serentak yang digelar di 16 desa ini. Semula, pilkades dijadwalkan digelar pada 19 April 2020 lalu.

Menurut Ida, seluruh tahapan pilkades sebenarnya telah dilaksanakan, mulai dari pendaftaran, seleksi calon hingga kampanye. Bahkan, alat peraga kampanye pun telah dipasang para kandidat di masing-masing desa. Namun, seluruh tahapan itu urung dilanjutkan meski sebenarnya hanya tinggal tahapan pencoblosan.

“Proses kampanye sudah selesai, jadi sudah tidak ada lagi kampanye. Kemudian alat-alat peraga sudah dipasang bahkan sudah sudah dicopot lagi semua karena kampanyenya sudah selesai. Kemudian hanya tinggal satu tahapan yakni pencoblosan yang semula dilaksanakan 19 april, itu yang ditunda itu,” ucap dia.

Ida mengatakan, seluruh tahapan itu telah dilaporkan ke Bupati Bekasi. Namun, karena pandemi covid-19, tahapan tidak dapat dilanjutkan. “Kewenngan pelaksanaan pilkades sepenuhnya berada di Pak Bupati, nota dinas sudah naik ke Pak Bupati tapi kami masih menunggu disposisi,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *