Pemerintahan

Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, Pemkab Bekasi Tambah Empat Lokasi Karantina

CIKARANG, ilookbekasi.id –

Pemerintah Kabupaten Bekasi menambah empat lokasi karantina kesehatan dalam kasus penyebaran covid-19. Keempat lokasi ini nantinya digunakan untuk warga yang dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan.

Keempat lokasi yang disiapkan itu yakni RSUD Cabangbungin, Balai Pelatihan Kesehatan Lemahabang milik Kementerian Kesehatan RI, dan dua tempat lainnya yaitu Student Home President University serta President University Convention Center di Kawasan Jababeka, Cikarang Utara.

Keempat lokasi karantina ini melengkapi sepuluh rumah sakit rujukan lainnya di Kabupaten Bekasi yang telah ditetapkan terlebih dulu.

“Jadi total ada 14 lokasi penanganan di Kabupaten Bekasi. Sebanyak sepuluh rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan sejak awal dan empat lokasi baru untuk karantina,” kata Bupati Eka Supria Atmaja usai meninjau kesiapan lokasi di President University, Jababeka.

Penambahan fasilitas ini, kata Eka, dilakukan setelah jumlah kasus covid-19 mengalami peningkatan. Di Jawa Barat, Kabupaten Bekasi bahkan menjadi salah satu daerah dengan kasus tertinggi. Tercatat hingga Jumat (3/4/2020) pagi, kasus terkonfirmasi covid-19 sebanyak 23 orang dengan rincian 15 dirawat, 4 sembuh dan 4 meninggal dunia.

Sedangkan PDP berjumlah 183 orang dengan 48 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan ODP berjumlah 836 orang dengan 248 orang di antaranya sembuh.

“Maka dari itu di bawah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, kami terus melakukan upaya-upaya untuk bisa menangani wabah ini dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan mempersiapkan sejumlah tempat yang dikhususkan untuk menangani warga yang berstatus ODP dan PDP,” ucap Eka.

Di RSUD Cabangbungin, kapasitas ruang karantina berjumlah 61 tempat tidur. Kemudian di dua gedung milik President University dipastikan mampu menampung 300 tempat tidur. Sedangkan Bapelkes Kementerian Kesehatan masih terus dibenahi.

Keempat lokasi baru ini rencananya dapat beroperasi dalam dua pekan kedepan. Pemkab Bekasi kini melengkapi fasilitas lainnya, mulai dari tenaga kesehatan beserta perlengkapannya hingga dapur umum untuk kebutuhan logistik. (try/PR)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *