Pemerintahan

Rotasi, 617 Kepala Sekolah Tempati Posisi Baru

CIKARANG, ilookbekasi.id –

Bupati Eka Supria Atmaja menyerahkan 617 surat keputusan bagi para kepala sekolah untuk menempati posisi baru. Selain mereka, bupati pun melantik 17 pejabat fungsional.

Rotasi ratusan ASN ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran roda pemerintahan, terutama di sektor pelayanan publik.

“Rotasi adalah hal biasa untuk lebih menyegarkan, apalagi terkait pelayanan publik. Saya gemborkan Bekasi baru Bekasi bersih, apa yang dikerjakan? Ya pendidikan, infrastruktur hingga pelayanan publik. Ini menjadi bagian menunjang semangat baru ini,” kata dia di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Jumat (31/1/2020).

Bagi para kepala sekolah, kata Eka, rotasi ini dilakukan juga untuk mengisi posisi yang sebelumnya kosong. Sebelumnya, sedikitnya 150 sekolah dasar dan menengah pertama tidak memiliki kepala sekolah. Sekolah tersebut pun dipimpin oleh kepala sekolah lain yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas. Akibatnya, operasional sekolah tidak maksimal.

“Hari ini kami selesaikan masalah pendidikan. Kami berikan SK setelah banyak sekolah yang tidak ada kepala sekolahnya. Ada yang setahun, ada yang dua tahun masih dipimpin plt saja. Kami selesaikan kepala sekolah agar nanti dia melakukan hal terbaik di sekolah,” ucap dia.

Para kepala sekolah yang dilantik ini, lanjut Eka, tidak hanya bertugas memimpin operasional belajar mengajar. Lebih dari itu, mereka dituntut untuk memastikan para siswa belajar dengan kualitas tinggi serta fasilitas yang nyaman.

“Jadi tidak ada lagi sekolah yang rusak seperti yang kemarin di Tarumajaya. Jika ada rusak segera laporkan, ajukan untuk segera dibenahi. Saya sangat serius dengan sektor ini,” ucap dia.

Sementara itu, belasan pejabat fungsional yang dilantik merupakan para pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Mereka dilantik untuk memastikan pelayanan pada warga berjalan maksimal. Terlebih, Eka mengaku tengah menyiapkan inovasi baru berupa layanan antar.

“Inovasi ini perlu ditunjang dengan SDM yang memadai, maka dari itu kami lakukan rotasi. Rencana kami akan memberikan pelayanan berupa dokumen seperti KTP atau KK yang diantarkan ke rumah. Kami sedang berkoordinasi dengan Kantor Pos. Selanjutnya, Kabupaten Bekasi pun akan mendapatkan penambahan jatah blangko sehingga warga yang lama tidak punya KTP akan segera dicetak,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *