Peristiwa

Rem Blong, Empat Truk Bertabrakan di Tol Halim

CIKARANG, ilookbekasi.id

Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim 2, Rabu (29/1/2020) siang. Kecelakaan itu melibatkan dua truk serta dua colt diesel. Diduga kecelakaan diakibatkan karena rem blong.

Truk kontainer bermuatan keramik milik PT Sentosa Prima Abadi dengan nomor polisi B-9812-GU diduga mengalami rem blong, sehingga mengakibatkan kecelakaan beruntun.

Kecelakaan yang melibatkan empat kendaraan ini diawali oleh truk kontainer yang dikendarai oleh Adip Suhendi (23 tahun) mengalami rem blong. Ini mengakibatkan tabrakan beruntun yang melibatkan 1 truk lain dan 2 colt diesel serta mengakibatkan kerusakan pelindung gardu dan long booth tempat istirahat petugas.

Petugas Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan dengan 2 unit derek dan 1 unit rescue truk, serta melakukan pengaturan lalulintas di sekitar lokasi kejadian. Evakuasi selesai pada pukul 14.40 WIB.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru sangat menyesalkan kecelakaan kendaraan Non Golongan I akibat rem blong atau tidak layaknya kendaraan, kembali terjadi.

“Sangat disayangkan ini kembali terjadi, setelah sebelumnya kita juga masih ingat kejadian rem blong di rest area Km 97 Jalan Tol Cipularang di pertengahan Januari lalu. Kembali lagi, sebanyak 46% kasus kecelakaan di Jalan Tol Jasa Marga melibatkan kendaraan Non Golongan I. Padahal, persentase kendaraan Non Golongan I hanya sekitar 8% dari jumlah keseluruhan kendaraan yang melintas di jalan tol Jasa Marga,” kata Heru melalui siaran pers.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano juga menegaskan agar para pengusaha kendaraan logistik memastikan kendaraan dalam keadaan prima serta laik jalan sebelum melakukan perjalanannya.

“Sebanyak 44% kasus kecelakaan karena faktor kendaraan akibat rem blong di Jalan tol Dalam Kota dan Sedyatmo selama tahun 2019, hal ini tentunya sangat berbahaya sekali dan merugikan pengguna jalan lain, serta berdampak pula pada operator tol,” kata Reza. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *