Peristiwa

Pelaku Diringkus, Pencurian Ban “Viral” Hanya Butuh 15 Menit

CIKARANG, ilookbekasi.id

Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Metro Bekasi berhasil menangkap SS (30), pelaku pencurian ban mobil di sejumlah pusat perniagaan. Dalam aksi pencurian yang sempat viral ini, pelaku mengaku hanya beraksi seorang diri.

Kendati begitu, dia mengaku hanya memerlukan waktu 15 menit untuk mencabut ban curian dari mobil yang diparkir.

“Jadi hanya 15 menit tersangka SS ini melepas ban korban. Saat aksi yang terakhir, empat ban itu dilepasnya dalam waktu 60 menit,” kata Kepala Polres Metro Bekasi, Hendra Gunawan, Rabu (29/1/2020).

Pencurian ban ini sempat viral setelah salah seorang pemilik akun media sosial mengunggah mobil yang kehilangan empat ban termasuk velgnya. Pencurian ini diketahui terjadi saat mobil tengah parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Hendra mengatakan, polisi telah melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Berbekal keterangan para saksi, bukti tayangan di kamera parkir serta rekaman kamera pengawas, SS akhirnya ditangkap.

“Berdasarkan capture mobil dan rekaman cctv mengarah ke nama SS. Kemudian dilakukan pendalaman dan berhasil didapatkan tempat tinggal pelaku,” ucapnya.

Penyelidikan ini pun diperkuat setelah polisi menemukan akun facebook SS. Dari akun tersebut terlihat pelaku menawarkan velg mobil, yang diduga hasil curian.

“Pelaku ini diakun facebooknya mau menjual ban mobil yang diduga hasil curiannya. Dari situ kami kembangkan untuk mencari yang bersangkutan, dalam waktu satu hari setengah, pelaku berhasil ditangkap di kediamannya yang berada di wilayah Cikarang,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak empat kali yang keseluruhannya berlokasi di tempat umum, mulai dari parkiran mal hingga rumah sakit. Aksinya pun dilakukan pada siang menjelang sore hari.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *