Pemerintahan

Akibat Penyebaran Virus Corona, Mahasiswa Bekasi Tertahan di Wuhan

CIKARANG, ilookbekasi.id

Mahasiswa asal Kabupaten Bekasi, Husnia (23) menjadi salah satu dari puluhan mahasiswa Indonesia yang tertahan di Wuhan akibat kasus penyebara virus corona. Bersama sejumlah mahasiswa lain, dia kini menunggu kejelasan proses kepulangan.

Warga Kampung Cikarang Jati Desa Kalijati Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi ini awalnya dijadwalkan pulang pada 2 Februari mendatang. Namun, karena kebijakan karantina dari Pemerintah Tiongkok, Husnia pun tertahan di Wuhan.

“Beasiswanya sudah selesai, tanggal 2 Februari nanti harusnya pulang. Tapi kan ada diisolir, katanya sampai 14 Februari tapi masih menunggu,” ucap dia melalui sambungan telepon, Rabu (29/1/2020).

Husnia tercatat sebagai mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, jurusan Sastra Mandari. Dia kemudian mendapat beasiswa belajar selama enam bulan di Wuhan.

Secara keseluruhan, kata Husnia, Wuhan dalam kondisi baik-baik saja. Dia pun memastikan video yang memerlihatkan sejumlah orang bergelatakan di jalan itu tidak benar. Warga masih diperbolehkan keluar rumah meski situasi kota lebih sepi dari biasanya.

“Pemerintah di sini tidak melarang orang keluar tapi hanya mengimbau jika tidak ada keperluan yang penting lebih baik di dlaam rumah saja. Secara umum tidak ada masalah. Saya juga sering bilang ke keluarga di rumah, saya enggak apa-apa, baik-baik saja. Tapi tentu lebih baik pulang,” ucap dia.

Adanya warga Kabupaten Bekasi yang tertahan di Wuhan ini terdeteksi setelah keluarga Husnia mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, di Cikarang Pusat. Mereka memertanyakan kondisi terakhir di Wuhan serta upaya pemerintah untuk memercepat kepulangan anggota keluarganya, Husnia.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Eka Supria Atmaja menyempatkan berkunjung ke kediaman orang tua Husnia. Kepada Sujak dan Unaizah, Eka memberi dukungan moriil agar mereka bersabar menunggu kepulangan Husnia.

“Kami minta sabar dulu. Kami dari Pemkab Bekasi pun akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat mengenai kondisi warga kita di Wuhan. Kami berupaya agar kalau bisa secepatnya bisa pulang,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *