Pemerintahan

Dinas Lingkungan Hidup Dorong OPD Khusus untuk Tangani Sampah di Sungai

CIKARANG, ilookbekasi.id

Pemerintah Kabupaten Bekasi memerlukan organisasi perangkat daerah baru yang khusus menangani sampah yang terdapat di sungai. Sejauh, keterbatasan kewenangan menjadi penyebab sampah masih ditemukan.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Dody Agus Suprianto mengatakan, penanganan sampah di sungai tidak bisa sekedar diangkut. Lebih dari itu, perlu pembinaan hingga pengawasan.

“Tugas itu tidak ada yang menangani. Kami tidak memiliki kewenangan terhadap sungai. Dinas PUPR pun tidak fokus penanganan sampah meski membidangi sungai. Ini memang perlu duduk bersama oleh pimpinan. Baiknya direstrukturisasi tugas dan fungsinya atau bahkan dibuat OPD baru,” ujar dia.

Ketiadaan petugas yang berwenang ini, lanjut Dody, telah disampaikan berulang kali kepada pimpinan berbagai tingkatan. “Cuma ya bagaimana, kami hanya bisa melaporkan ke pimpinan, bahkan sejak lama, sebelum ada banyak sampah yang viral ini. Karena tidak bisa hanya ditemukan sampah, viral, diangkut kemudian selesai. Harus ditangani secara komprehensif,” ucap dia.

Lebih jauh diungkapkan Dody, perlu ada komitmen Pemkab Bekasi untuk menangani sampah secara berkesinambungan. Di samping menggenjot infrastruktur, investasi serta berbagai pembangunan lainnya, persoalan sampah harus disiapkan.

“Saat ini perumahan itu banyaknya yang dekat sungai, itu jadi potensi sampah dibuang lagi ke sungai. Makanya ada perumahan, atau pembangunan lainnya itu nanti sampahnya dibuang ke mana, Ini sudah saya sampaikan tapi kewenangan saya hanya sebagai staf,” ujar dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *