Pemerintahan

Wujudkan Bekasi Bersih, Sungai Kalijambe Mulai Dibersihkan

CIKARANG, ilookbekasi.id

Pemerintah Kabupaten Bekasi akhirnya membersihkan puluhan ton sampah yang menutupi Sungai Kalijambe di Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Jumat (6/9/2019). Sebelumnya, sampah menutupi aliran sungai hingga sepanjang 500 meter.

Pembersihan sungai dilakukan dengan mengerahkan sedikitnya 100 petugas gabungan yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, personel TNI, petugas kecamatan dan desa serta dibantu warga sekitar.

Mereka langsung terjun ke sungai untuk mengangkut sampah menggunakan sejumlah peralatan. Pengangkutan sampah pun dilakukan dengan menggunakan alat berat. Sementara itu, empat truk sampah dan dua gerobak motor disiapkan untuk mengangkut sampah.

Camat Tambun Selatan, Iman Santoso mengatakan, pengangkutan sampah dilakukan setelah diketahui sampah menutupi sungai. Tidak hanya itu, sampah pun telah mengeluarkan bau tidak sedap dan mencemari lingkungan. Sampah lantas mulai dibersihkan setelah mendapat instruksi langsung oleh Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

“Berdasarkan instruksi langsung dari pimpinan, pembersihan mulai dilakukan. Ada personel gabungan dan bantuan dari berbagai instansi dan warga sekitar. Pembersihkan akan dilakukan mulai pagi ini sampai sore. Target kami empat hari selesai ini pengangkutan,” ucap dia.

Diungkapkan Iman, setidaknya terdapat 100 ton sampah yang menutupi sungai tersebut. Rata-rata sampah berasal dari rumah tangga yang dibuang langsung ke sungai. “Ini sampah tergolong banyak, maka kami akan bekerja keras membersihkan sungai. Ini sampah diangkut ke TPA Burangkeng Setu,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *