HeadlinePemerintahanPeristiwa

Diduga Ditarif Hingga 2 Juta, Sudah Dua Tahun Program PTSL di Tanjung Baru Cikarang Molor

CIKARANG, ilookbekasi.id

Program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang seharusnya ditujukan untuk memudahkan warga mengurus sertifikat tanah, diduga menjadi lahan pungutan liar bagi segelintir oknum. Hal itu terjadi di Desa Tanjung Baru Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi.

Pada tahun 2017, Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Bekasi menetapkan Desa Tanjung Baru sebagai salah satu penerima program PTSL. Sedikitnya 150 bidang tanah milik warga menjadi sasarannya.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun ilookbekasi.id, program tersebut justru diduga menjadi ajang bagi para oknum untuk mencari uang.

Salah seorang warga mengaku dimintai uang Rp 2,5 juta sebagai biaya mengurus tanah pada program PTSL. Namun, uang telah diberikan tapi sertifikat tak pernah diterbitkan. Sialnya, proses tersebut telah memakan waktu hingga dua tahun.

“Dari tahun 2017, saya ngasih Rp 2,5 juta per bidang tanah buat petugasnya dari desa, sampai sekarang belum jadi,” kata salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Kata dia, bukan hanya dirinya yang mengluarkan biaya, bahkan masyarakat yang lainya juga ada yang mengeluarkan biaya hingga Rp 3 juta. Namun, nasibnya serupa. Hingga kini tidak pernah ada kejelasan.

“Kalau ditanyain katanya masih dalam proses nggak tau kapan jadinya,” ucapnya.

Dirinyapun berharap sertifikat tanahnya dapat diselesaikan. Sebab prosesnya sudah dua tahun yang lalu hingga kini belum jadi. Sejauh ini pihak aparatur desa hanya memberikan informasi bahwa sedang dalam proses tanpa kepastian kapan selesainya.

Program besutan Presiden Jokowi yang mestinya dapat dinikmati bagi warga yang belum memiliki sertifikat bidang tanah secara gratis, malah dijadikan aji mumpung untuk melakukan praktik pungutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sayangnya, terkait informasi ini, Kepala Desa Tanjung Baru Dudu Sumbali enggan memberikan jawaban. Padahal dugaan praktik pungli program PTSL berada di wilayahnya. (mrs)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *