Pemerintahan

Pemkab Siapkan Destinasi Wisata Libur Lebaran, Cek Yuk!

CIKARANG, ilookbekasi.id

Tingginya potensi wisata pasca Idul Fitri kini mulai dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Setidaknya tujuh destinasi wisata disiapkan untuk menyambut para wisatan berlibur lebaran di Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Pariwisata, Sutia mengatakan, sejak tahun lalu pihaknya fokus mengenalkan sejumlah destinasi wisata. Tidak hanya bagi warga Kabupaten Bekasi, namun juga wargai berbagai kota yang berpotensi berkunjung.

“Sejak tahun lalu kampanye kita terhadap destinasi wisata sudah dilakukan dan terus kami genjot. Karena kan pariwisata menjadi salah satu sektor yang mampun mendongkrak perekonomian. Namun, kali ini kami mengejar mereka yang nanti liburan usai lebaran. Tidak usah kemana-mana, ke Kabupaten Bekasi saja,” kata Sutia.

Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Bekasi lebih dikenal sebagai daerah dengan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Padahal, di luar itu, Kabupaten Bekasi memiliki potensi wisata yang terbilang beragam dan komplit. Mulai dari wisata keagamaan, wisata alam, wisata sejarah hingga wisata industri.

“Untuk nanti jelang lebaran, wisata industri tidak dulu karena biasanya industri lebih banyak dikunjungi oleh sekolah-sekolah. Kalau yang saat ini kami genjot adalah yang alam, sejarah sama yang keagamaan,” kata dia.

Terdapat sedikitnya tujuh destinasi wisata yang siap ditawarkan, di antaranya empat wisata alam, yakni Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong, kawasan agrowisata di Desa Kertarahayu Kecamatan Setu, Situ Abidin di Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu dan Situ Cibeureum di Kecamatan Tambun Selatan.

“Biasanya lokasi wisata alam ini yang banyak dicari warga. Di saat kumpul-kumpul lebaran, biasanya terbersit ide untuk liburan. Nah disaat muncul, kami sudah menawarkan. Mari berwisata di Kabupaten Bekasi,” kata dia.

Kemudian wisata sejarah yakni Gedung Juang 45 Tambun dan Saung Ranggon Cikarang Barat. Lalu wisata ziarah yakni ke makam pahlawan nasional asal Bekasi yaitu KH Noer Alli di Babelan. “Nah kalau yang ziarah, justru ramainya sebelum lebaran. Pas saat puasa, banyak orang datang berziarah. Ini pun turut kami dorong,” ucap dia.

Di antara serangkaian destinasi wisata itu, sejumlah pantai di Muaragembong menjadi salah satu yang diunggulkan. Setiap tahun, ribuan pengunjung datang ke Muaragembong untuk menikmati suasana pantai. Selain itu, terdapat juga hutan yang dihuni lutung jawa serta hutan mangrove.

“Wisata mangrove ini yang berbeda dengan daerah lain. Wisata ini bisa dinikmati menggunakan perahu tetap ada juga yang berjalan kaki karena kan sudah dibangun jalan di atas permukaan air. Pengunjung bisa menikmati wisata termasuk berfoto, itu di Tarumajaya,” ujar dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *