BisnisPemerintahanRagam

Pemkab Bekasi Dukung Pemerintah Pusat Bangun 500 Pendidikan Vokasi

CIKARANG, ilookbekasi.id

Pemerintah menargetkan membangun 500 lembaga pendidikan vokasi baru hingga 2024. Langkah itu diyakini mampu meningkatkan sumber daya manusia yang berpengaruh langsung pada perekonomian negara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, program tersebut telah dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Rencananya program pembangunan itu pun akan dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

“Baru kemarin disampaikan pada Musrembang dan Bapak Presiden mendukung itu, sehingga sampai 2024 nanti kita punya lulusan vokasi yang mencukupi. Karena pada RPJMN ke depan kan fokusnya pada pengembangan sumber daya manusia,” kata Airlangga saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Politeknik Manufaktur Astra di Kawasan Industri Delta Silicon, Cikarang Selatan, Jumat (10/5/2019).

Diungkapkan Airlangga, target pembangunan pendidikan vokasi akan didirikan di setiap tingkatan, mulai dari sekolah menengah kejuruan hingga perguruan tinggi yang berbasis industri. Target pembangunan ini pun tidak hanya didirikan oleh pemerintah namun juga pelaku industri.

“Jadi bukan hanya pemerintah namun pelaku industri kami dorong untuk membuka sekolah atau politeknik. Mereka mampu dan minat mereka pun tinggi membuka pendidikan vokasi karena mereka butuh sumber daya manusia. Kementerian Perindustrian sendiri baru membuka empat politeknik vokasi baru, namun sesuai keinginan Pak Presiden, pendidikan vokasi ini harus dibangun masif,” ucap dia.

Untuk mendorong industri membuka pendidikan vokasi, lanjut Airlangga, pemerintah akan memberikan kemudahan perizinan. Bahkan, pajak yang dibebankan pun akan dipangkas untuk memudahkan pendidikan vokasi segera beroperasi.

“Ini komitmen pemerintah. Industri didorong membuka pendidikan vokasi, pemerintah permudah prosesnya. Karena memang sekarang industri menggeliat yang otomatis permintaan SDM pun meningkat. Saat ini beberapa industri seperti Astra dan Indorama sudah membuka politeknik vokasi, kami harap ini diikuti industri lainnya,” ucap dia.

Langkah tersebut didukung Pemerintah Kabupaten Bekasi. Dalam acara tersebut, turut hadir Asisten Daerah Carwinda. “Tentunya langkah tersebut harus didukung dan kami berharap siswa Kabupaten Bekasi menjadi bagian dari program tersebut,” ucapnya. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *