BisnisRagam

“Boks Nasi” dan “Pot Bunga” Lacika Raih Juara Produk Unggulan Narapidana

CIKARANG, ilookbekasi.id –

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Bekasi (Cikarang) berhasil meraih juara 1 pada Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019 yang digelar Kementerian Perindustrian.

Gelar itu diraih setelah tempat makan berbahan plastik hasil karya para warga binaan dinobatkan menjadi yang terbaik. Boks nasi Lapas Cikarang (Lacika) menjadi juara pertama dalam kategori produk cluster aneka.

Tidak hanya itu, Lacika pun meraih juara lomba souvenir. Pot bunga berbahan limbah kayu Lacika dinobatkan menjadi yang terbaik dalam kategori souvenir paling ramah lingkungan.

“Patut disyukuri serta apresiasi yang tinggi atas karya yang diciptakan para warga binaan. Terbukti meski tengah menjalani masa hukuman namun antusias membuat karya, sesuatu yang bermanfaat tidak terhambat,” kata Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta, Sabtu (30/3/2019).

Pengumuman juara ini diumumkan dalam puncak acara Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019 di Kementerian Perindustrian, Jumat (29/3/2019) siang. Selain aneka produk dan souvenir, terdapat sejumlah kategori lain yang dilombakan.

Lacika sendiri memeroleh apresiasi lainnya yakni piagam penghargaan terhadap Orkes Keroncong Lacika yang berpartisipasi tampil pada acara yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini.

 

Dengan apresiasi yang diterima, Kadek berharap pendampingan terhadap karya warga binaan tidak sekadar lomba. Namun, ada tindak lanjut seperti bantuan peluang memasarkan karya yang dihasilkan. Sehingga warga binaan memiliki bekal kemampuan menciptakan sekaligus memasarkan produk ketika bebas dari lapas.

“Agar kegiatan ini menjadi motivasi dalam hal produktivitas yang berkualitas untuk Indonesia berkelas. Agar penyelenggaraan kegiatan ini terus di tingkatkan menjadi lebih baik lagi dan membuka peluang untuk memasarkan atau menjalin mitra kerja dari pihak luar. Kami pun terus melakukan pembinaan agar produk tidak hanya diciptakan namun memiliki manfaat bagi orang banyak,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *