PemerintahanPeristiwa

30 Tahun Tak Pernah Normalisasi, Kali Muara Beting Makin Dangkal

MUARAGEMBONG, ilookbekasi.id

Sejumlah nelayan mengeluhkan dangkalnya Kali Muara Beting, yang berada di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Akibat dangkalnya kali, kegiatan nelayan terganggu.

Mereka menyebut, sudah 30 tahun Kali Muara Beting tidak pernah dinormalisasi. Para nelayan pun tak mampu menyandarkan perahunya di pesisir karena dataran yang dangkal.

“Di sini kali beting, terbelah dua dengan Sungai Citarum menuju laut di Pantai Beting. Masyarakat Desa Pantai Bahagia mayoritas Nelayan. Akibat pendakalan Kali Beting, para nelayan mengalami kesulitan menyandarkan perahunya di sisi kali,” kata Daswan, salah seorang nelayan sekitar.

“Kami berharap kali ini ada Pembangunan normalisasi kali Beting, sehingga kami para nelayan,  melaut mencari ikan bisa dengan mengunakan Perahu ketek-ketek,” ujar dia, melanjutkan.

Kepala Desa Pantai Bahagia, Maman mengungkapkan, akibat pedangkalan kali Kampung Beting ini, banyak warga tidak bisa melaut untuk mencari ikan. Padahal, mencapai 90 persen warga merupakan nelayan, sedangkan sisanya petani tambak.

Tidak jarang, ketika air kali surut, para nelayan tidak bisa melaut.

“Kami sudah mengusulkan di setiap acara minggon kecamatan maupun di musrembang kecamatan. Tapi tetap tidak ada pembangunan normalisasi, yang ada pembangunan jalan terus,,” kata dia.

Maman berharap, keluhan warganya dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. “Tahun ini tentunya kami berharap Pemkab dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menganggarkan pembangunan untuk Desa Pantai Bahagia ini, terutama  kegiatan normalisasi. Karena tentunya kondisi ini terbilang mendesak,” ucap dia. (mys)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *