HeadlinePemerintahan

Bupati Tetapkan Status “Siaga Darurat” Kekeringan di Cibarusah

CIBARUSAH, ilookbekasi.id

Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan siaga darurat kekeringan di Kecamatan Cibarusah. Kekeringan sudah memasuki bulan ketiga yang membuat 4.000 kepala keluarga terdampak.

Berada di wilayah paling selatan di Kabupaten Bekasi, berdekatan dengan Jonggol Kabupaten Bogor, kekeringan di Cibarusah menjadi yang terparah. Kekeringan melanda tiga desa yakni Ridhogalih, Ridhomanah dan Sirnajati.

Bupati Eka Supria Atmaja menyatakan, telah menerbitkan surat keputusan penetapan siaga kedaruratan untuk bencana kekeringan di Cibarusah. Melalui surat tersebut, Eka memastikan penanggulangan bencana ini dilakukan lebih masif.

“Saya sudah terbitkan SK-nya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi untuk terjun lebih masif. Bekerja sama dengan PDAM Tirta Bhagasasi serta pihak terkait lainnya untuk memastikan ketersediaan air bagi warga,” kata Eka usai meninjau penyaluran air di Desa Ridhomanah, Jumat (12/7/2019).

Sejauh ini, diakui Eka, penanggulangan bencana kekeringan bersifat instan dengan menyalurkan air bersih bagi warga terdampak. Sedikitnya dua sampai tiga truk berisi 5.000 liter air dikirim untuk memasok kebutuhan air bersih warga.

Namun, dengan penaikkan status kedaruratan, bantuan air lebih banyak dengan jangkauan lebih luas. “Saat ini memang kami akui penanggulangan masih bersifat sementara, namun penyaluran air ini kami berikan lebih luas. Warga harus terbagi semua, air yang dikonsumsi harus yang bersih,” ucap dia.

Lebih lanjut, Eka menegaskan, Pemkab Bekasi telah menyiapkan solusi jangka panjang untuk mencegah kekeringan terus terulang. Anggaran telah disiapkan untuk membangun sedikitnya enam embung penampung air serta 120 titik sumur bor di sejumlah lokasi yang kerap dilanda kekeringan.

“Pembangunan embung ini tahun ini dikerjakan jadi diharapkan di akhir tahun nanti selesai. Tidak terjadi kekeringan lagi. Tahun depan kondisi seperti ini tidak terulang,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *