Pemerintahan

Atasi Kekeringan, Pemkab Siapkan Rp 20 Miliar untuk Bangun Embung dan Sumur Bor

CIBARUSAH, ilookbekasi.id

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan rencana pembangunan embung dan sumur bor untuk mengatasi kekeringan di Cibarusah. Rencana itu telah dianggarakan tahun ini senilai Rp 20 miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan, pembangunan embung dan sumur bor akan dilakukan di dua kecamatan.

Sebanyak empat buah embung akan dibangun di Cibarusah dan dua lainnya dibangun di Bojongmangu, kecamatan yang bertetangga dengan Cibarusah. Sedangkan sumur bor akan dibangun di 120 titik.

“Embung sebenarnya disiapkan untuk menampung cadangan air bagi persawahan. Karena akibat kekeringan banyak sawah mengering. Sedangkan sumur bor untuk kebutuhan rumah tangga,” kata dia usai mendampingi Bupati Eka Supria Atmaja memantau kekeringan di Cibarusah, Jumat (12/7/2019).

Baca Juga: Bupati Tetapkan Status “Siaga Darurat” Kekeringan di Cibarusah

Kendati begitu, pembangunan sumur bor tidak sembarangan dilakukan. Soalnya, meski berada di dataran yang terbilang tinggi, Cibarusah tidak memiliki sumber air. Kandungan air di dalam tanah pun minim. “Jadi perlu penentuan titik yang tepat sebelum menempatka lokasi pengeboran,” ucap dia.

Diungkapkan Chaidir, pembangunan embung dan sumur bor ini diyakini bakal menghabiskan Rp 20 miliar yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2019.

“Anggarannya sudah dialokasikan, karena memang sudah direncanakan tahun lalu. Diharapkan hingga akhir tahun nanti semuanya, embung dan sumur bor sudah berfungsi,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *