PemerintahanPeristiwaRagam

Stop Merokok! 8-9 Tahun Umur Orang Indonesia Habis Karena Sakit

CIKARANG, ilookbekasi.id

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menegaskan bahayanya rokok bagi kesehatan manusia. Dia mengatakan, setiap manusia bisa mencegah segala macam penyakit yang mengancam tubuh dengan cara berhenti merokok.

Soalnya, rokok menjadi sumber penyakit yang bisa mengancam kehidupan bahkan memupus hari tua.

Baca Juga: Komitmen Pemkab Bekasi Larang Iklan Rokok Diganjar Penghargaan

Hal itu disampaikan Nila pada puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2019 di Gedung Prof. Sujudi, Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta (11/7/2019).

Menurut Nila, pada Indeks Pembangunan Manusia, usia harapan hidup di Indonesia mengalami peningkatan hingga kini mencapai 71,4 tahun.

Namun, dari harapan hidup itu yang masuk masa usia sehat hanya 62 tahun. Berarti terdapat delapan sampai sembilan tahun dari umur manusia Indonesia dihabiskan karena sakit.

“Kita sakit-sakitan selama 8-9 tahun.  Sayang betul kalau selama itu kita harus sakit-sakitan. Apakah kita bisa mencegah penyakit jantung? Tentu bisa, dengan mengurangi hipertensi dan lainnya. Hipertensi juga meningkat menjangkiti 40% masyarakat Indonesia. Maka dari itu wajib bagi kita mengubah pola hidup menjadi sehat,” katanya.

Lebih dari itu,kata Nila, rokok ternyata menyebabkan keuangan BPJS Kesehatan menjadi defisit.

“Apa penyebabnya? Karena zat-zat yang terkandung di dalam rokok adalah penyebab penyakit katastropik yang membebani BPJS Kesehatan sekitar 30 persen, dan menjadi sumber defisit terbesar BPJS Kesehatan. Maka penting bagi kita menjaga kesehatan dan menyadari bahaya konsumsi rokok,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi mendapat penghargaan Awya Pariwara atas komitmennya mewujudkan ruang bebas asap rokok. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *