HeadlinePemerintahan

Ada Dua Opsi Perekrutan untuk 1.937 Lowongan bagi Warga Kabupaten Bekasi, Catat!

CIKARANG, ilookbekasi.id

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi mencatat ada 1.937 lowongan kerja yang disediakan perusahaan khusus untuk warga lokal. Peluang kerja itu didapat dari hasil kunjungan langsung ke sejumlah perusahaan di empat kawasan industri besar.

Diyakini jumlah lowongan kerja akan terus bertambah seiring dengan diteruskannya kunjungan langsung ke perusahaan. Kunjungan dilakukan sekaligus untuk menyosialisasikan Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2019 yang berisikan tentang dorongan untuk memberi ruang bagi tenaga kerja lokal.

“Ini memang salah satunya program dari empat prioritas pemerintah saat ini. Pertama kesehatan kemudian pendidikan, infrastruktur lalu tenaga kerja. Dan dari prioritas itu, untuk tenaga kerja terus dilakukan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Edi Rochyadi, Senin (8/7/2019).

Tidak hanya menggali informasi lowongan kerja, kata Edi, pihaknya pun turut menindaklanjuti teknis penerimaan.

Disnaker telah memanggil sejumlah perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Kabupaten Bekasi. Dari hasil pertemuan itu, Disnaker menawarkan dua opsi untuk perekrutan tenaga kerja lokal.

Opsi pertama yakni perekrutan dilakukan fasilitasi oleh pemerintah, baik sarana maupun pra sarana. Perusahaan tinggal menentukan jumlah tenaga kerja beserta spesifikasi yang dibutuhkan.

“Nantinya pemerintah yang menyiapkan sarana dan pra sarana,” ucap dia.

Opsi kedua yakni perekrutan dilakukan oleh perusahaan masing-masing namun wajib dikoordinasikan dengan pemerintah.

“Jadi setiap perekrutan wajib lapor lebih dari agar kami dapat langsung mengawasi. Tujuannya yakni agar peruntukkannya bagi tenaga kerja Kabupaten Bekasi itu ditepati. Benar-benar untuk warga Kabupaten Bekasi lowongan kerja itu,” ucap dia.

Dari hasil pertemuan itu, lanjut Edi, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada perusahaan, termasuk waktu perekrutan.

“Jadi silakan pilih mau opsi yang mana, termasuk waktunya. Karena mereka yang perlu kapan butuhnya. Tapi beberapa perusahaan memang sudah mendesak, membutuhkan tenaga kerja,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *