BisnisHeadlinePemerintahan

Rajin Kunjungi Industri, Pemkab Targetkan 1.500 Lowongan Kerja Tiap Bulan

CIKARANG, ilookbekasi.id

Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan jemput bola untuk mendongkrak potensi lapangan pekerjaan. Sejak sepekan terakhir, Bupati Eka Supria Atmaja melakukan kunjungan kerja ke sejumlah perusahaan untuk mendorong informasi lowongan kerja.

Eka mengatakan, jemput bola dilakukan untuk mengejar target serapan tenaga kerja sekaligus menekan angka pengangguran. Kunjungan ke berbagai perusahaan ini pun merupakan bagian dari sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja.

“Saya akui bahwa masalah pengangguran itu terjadi hampir di setiap wilayah, bukan saja di Kabupaten Bekasi. Namun, saya bersama jajaran akan terus berupaya melakukan langkah-langkah kongkrit untuk mengatasi itu,” ucap Eka, Senin (1/7/2019).

Baca Juga: Sambangi Kawasan Industri, Bupati Bawa Oleh-oleh 523 Lowongan Kerja Baru!

Jemput bola ini dilakukan langsung oleh Eka bersama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi. Sepekan terakhir, Eka mengunjungi perusahaan di kawasan industri MM2100, Cikarang Barat. Hasilnya, 523 lowongan kerja didapatkan dari beberapa perusahaan.

Lowongan tersebut diberikan oleh para pengusaha khusus untuk tenaga kerja asal Kabupaten Bekasi. “Ini sesuai dengan perbup yang disosialisasikan. Agar perusahaan memberi ruang terhadap para tenaga kerja kita (Kabupaten Bekasi),” ucap dia.

Seperti diketahui, Perbup 9/2019 diterbitkan setelah mendapat dorongan dari sejumlah kalangan. Salah satu materi utamanya yakni mewajibkan setiap perusahaan untuk membuka lowongan kerja terhadap tenaga kerja lokal.

Eka menambahkan, dengan diterbitkannya perbup tersebut, diharapkan perusahaan dapat mengimplementasikannya. Di antaranya dengan penyerapan sebanyak mungkin tenaga lokal dan memberikan laporan secara berkala mengenai pelaksanaan kegiatan atau program perluasan kesempatan kerja setiap bulannya di setiap perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Edi Rochyadi mengatakan, kunjungan langsung ke perusahaan merupakan terobosan baru yang dilakukan untuk menekan angka pengangguran. Rencananya, langkah tersebut akan dilakukan terus ke berbagai perusahaan.

“Sesuai dengan kegiatannya yakni sosialisasi Perbup 9/2019 tentang ruang bagi tenaga kerja. Dari sosialisasi itu tentu harus segera diterapkan. Kabarnya baiknya beberapa perusahaan yang dikunjungi membuka peluang kerja itu bagi tenaga kerja lokal,” ucap dia.

Lebih lanjut, kata Edi, dari kunjungan tersebut Pemkab Bekasi menargetkan mendapat minimal 1.500 lowongan kerja per bulan bagi tenaga kerja lokal. Selanjutnya, proses penerimaan dikonsultasikan dengan pemerintah.

“Penerimaannya diprioritaskan dari warga desa sekitar perusahaan. Proses seleksi di desa tanpa melalui lembaga pencari kerja atau apapun. Targetnya 1.500 lowongan ini akan tercapai. Kami pun menegaskan, perusahaan lain jangan menunggu dikunjungi namun proaktif, karena kan turut berusaha di Kabupaten Bekasi,” ujar dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *