Pemerintahan

Kalimalang Akhirnya Diperbaiki, Mudik Mantap Nih!

CIKARANG, ilookbekasi.id

Jalur alternatif mudik Jalan Inspeksi Kalimalang akhirnya diperbaiki. Perbaikan dilakukan secara masif di sepanjang wilayah Kabupaten Bekasi, mulai dari Tambun Selatan hingga Cikarang Pusat, sejauh 20 kilometer.

Perbaikan dilakukan bersamaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi. Perbaikan fokuskan pada penutupan jalan berlubang menggunakan aspal.

“Jalan yang akan kami perbaiki dilakukan dengan cara diaspal, karena kondisinya sudah rusak berat dan parah,” kata Kadiman.

Perbaikan jalur ini dilakukan mengingat  Jalan Inspeksi Kalimalang merupakan jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Diprediksi, tahun ini pengguna jalur arteri meningkat. Soanya, pada arus mudik dan balik lebaran tahun 2019 ini pemerintah juga akan menerapkan sistem one way mulai dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes.

Perbaikan jalan dilakukan sepanjang kurang lebih 20 kilometer dari perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi hingga jembatan Tegal Danas di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

“Jadi ini adalah upaya pemerintah dalam rangka mempersiapkan Jalan Inpeksi Kalimalang untuk para pemudik sehingga merasa aman dan nyaman tanpa terganggu dengan kerusakan jalan saat berkendara,” ucapnya.

Senada dengan diungkapkan Kadiman, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan, ada tiga titik perbaikan di Jalan Kalimalang yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Pengerjaan telah dilakukan hingga siap digunakan mudik.

“Sudah ada tiga ruas yang sedang diperbaiki yaitu pemeliharaan rutin batas Kota Bekasi dengan Cibitung, kemudian peningkatan ruas jalan Cibitung Tegal Gede dan peningkatan jalan Tegal Gede-Tegal Danas,” kata dia.

Sesuai target, perbaikan tersebut rampung pada 30 Mei 2019 sehingga dapat digunakan saat musim mudik. “Kalau yang perbaikan dimulai tanggal 24 tapi tanggal 30 sudah selesai jadi tidak ada masalah, bisa dilalui,” ujar dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *