Pemerintahan

Pemkab Bekasi Ajak Masyarakat Siaga Bencana

CIKARANG, ilookbekasi.id

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019, Jumat (26/4/2019).

Simulasi oleh para relawan bencana alam dalam melakukan evakuasi terhadap bencana gempa bumi, kebakaran, dan juga banjir diperagakan dalam kegiatan yang digelar di halaman kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat ini.

“Penanganan bencana urusan semua pihak, oleh sebab itu perlu dilakukan berbagi peran, dan tanggungjawab atau shares responsibility dalam peningkatan kesiapsiagaan dalam semua tingkatan baik itu anak remaja dan dewasa,” ucap Pelaksana Tugas Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Eka mengatakan tujuan HKBN untuk menambah pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik bencana dan risiko bencana, serta kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman yang ada disekitarnya.

“Saya ingin kegiatan ini juga sebagai kegiatan pelatihan bagi masyarakat secara teratur karena kewaspadaan dan kesiapsiagaan belum menjadi budaya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengungkapkan, hasil penelitian dan survei di Jepang, tingkat keselamatan korban pada saat bencana ternyata ditunjang oleh keterampilan diri.

Sebanyak 35 persen kemungkinan selamat itu dihasilkan dari kesiapsiagaan diri. Kemudian dukungan anggota keluarga 31,9 persen, dukungan teman/tetangga sebesar 28,1 persen, dukungan orang sekitarnya 2,6 persen, dukungan tim SAR 1,7 persen, dan lain-lain 0,9 persen.

“Sangatlah jelas bahwa berdasarkan hasil kajian tersebut, maka individu dan masyarakat merupakan kunci utama yang perlu terus ditingkatkan. Melihat kondisi tersebut, maka perlu ada gerakan mengubah budaya dan paradigma sadar bencana. Perlu dilakukan pelatihan-pelatihan kesiapsiagaan secara teratur dan berkelanjutan,” ucapnya. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *