FigurPemerintahanUncategorized

Survei Y-Publica: Muannas Kalahkan Daeng dan Wardatul di Jabar VII

CIKARANG, ilookbekasi.id

Elektabilitas politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Habib Muannas sebagai calon anggota legislatif DPR-RI Jawa Barat VII meroket. Survei Y-Publica menyebut, keterpilihan politisi sekaligus praktisi hukum ini bahkan mampu mengalahkan enam petahana sekaligus, di antaranya Daeng Muhammad dan Wardatul Asriah.

Survei Y-Punlica tersebut dilakukan pada 21-30 Januari 2019 lalu dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan dapil Jabar VII yang melingkupi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: TPA Burangkeng Ditutup, Muannas: Warga Berhak Dapat Kompensasi

Di peringkat tertinggi dua caleg petahana Rieke Diah Pitaloka dari PDIP (16,1 persen) dan Putih Sari dari Gerindra (9,6 persen). Disusul caleg penantang Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu, Puteri Komarudin dan Saan Mustofa.

Dengan jatah 10 kursi, nama Muannas Alaidid berada di peringkat tujuh dengan meraih elektabilitas 4,3 persen mengalahkan enam petahana yakni Daeng Muhhamad (4,1 persen), Dadang S Muchtar (3,9 persen) dan Wardatul Asriah (2,8 persen) disusul Daniel Lumban Tobing, Evi Fatimah dan Hari Kartana yang hanya mendapat dibawah dua persen.

Menanggapi hasil survei, Muannas mengatakan hasil survei tersebut menjadi pemacu semangat untuk terus bergerak. Pasalnya, berdasarkan temuannya di lapangan, memang banyak warga yang ingin perubahan di DPR tingkat pusat.

“Terima kasih atas dukungan masyarakat Jabar VII. Temuan kami di lapangan memang banyak warga yang ingin ada pergantian wakil di pusat. Karena setelah jadi mereka enggan menemui warganya langsung ke desa-desa,” kata caleg nomor urut satu ini.

MUANNAS bersama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie/ist

Muannas mengatakan, di ratusan desa yang disambangi, hampir semua masyarakat mengeluh kesulitan untuk berkomunikasi dan menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyatnya.

“Kendala setelah wakil rakyat itu jadi lupa akan pemilihnya. Saya sudah antisipasi ini dengan membangun rumah aspirasi . Warga bisa menyampaikan langsung  aspirasi ke rumah aspirasi. Selain itu pertemuan dengan warga akan dirutinkan,” ucapnya.

Meski diprediksi lolos ke Senayan, Muannas mengatakan tidak akan terlena hasil lembaga survei dan akan terus bekerja keras dalam pileg ini. “Sekitar satu bulan lagi, saya dan relawan akan terus bekerja keras untuk memenangkan PSI dan juga Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujarnya. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *