Peristiwa

Kotak Masjid di Babelan Dicuri Pengendara Mobil, Marbot: Isinya Cuma Rp 20.000

BABELAN, ilookbekasi.id

Sebuah kotak amal di Masjid Jami Darul Amal di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi dicuri, Sabtu (12/1/2019). Melalui rekaman kamera pengawas (cctv), pelaku terlihat leluasa mengangkut kotak amal lantas memasukkannya ke dalam mobil, lalu pergi.

Berdasarkan rekaman yang berdurasi sekitar selama 29 detik tersebut, pelaku terlihat mengenakan kaos berkerah warna biru dongker serta celana pendek berwarna merah. Pelaku yang beraksi seorang diri ini memiliki badan tegap serta kekar.

Pelaku lantas pergi mengendarai mobil Honda Mobilio warna putih bertuliskan ‘Club Mobility’ di samping kiri mobilnya.

Sebelumnya beraksi, pelaku terlebih dahulu mengawasi situasi. Setelah dirasa aman, dia langsung menggasak kotak amal berukuran besar dan memasukannya ke dalam mobil melalui pintu belakang sebelah kiri. Dari rekaman tersebut, polisi kini tengah memburu pelaku.

“Wajah pelaku sudah terekam jelas di kamera CCTV, namun identitasnya belum kami ketahui,” kata Kepala Kepolisian Sektor Babelan Komisaris Dumyati Saleh pada Selasa (15/1/2019).

Dumyati menjelaskan, praktik pencurian itu terjadi di Masjid Jami’ Darul Amal pada Sabtu (12/1) pukul 1 dini hari. Saat peristiwa itu terjadi, masjid dalam keadaan kosong karena marbot sedang istirahat di dalam ruangannya.

“Pelaku mengambil kotak amal yang berada di samping pintu masjid. Sejauh ini diketahui pelaku beraksi seorang diri,” ujar Dumyati.

Menurut dia, pelaku bisa masuk ke dalam lingkungan masjid lewat pintu samping yang tidak terkunci. Kasus pencurian inipun diketahui marbot saat melihat pintu sudah terbuka, beberapa saat menjelang adzan subuh.

“Sudah saya imbau agar keamanan ditingkatkan dengan cara pagar dikunci,” katanya.

Dia menambahkan, berdasarkan pengakuan marbot masjid jumlah uang di kotak amal hanya Rp 20.000. Sebab malam sebelumnya, pengurus masjid sudah membongkar kotak amal itu untuk keperluan masjid.

“Yang tersisa hanya uang Rp 20.000, itu pun isinya uang recehan,” katanya. (try/fj)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *