FigurRagam

“Cerita Buat Lila” Romantisme Jodhi Yudono, Sang Ketua Umum IWO

Bagi kalangan pewarta media online terutama yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) di Indonesia, Jodhi Yudono bukanlah nama yang asing. Pria asli Cilacap ini memang kini menjabat sebagai Ketua Umum IWO Indonesia.

Selain wartawan, Jodhi juga dikenal sebagai seorang musisi, dan penulis. Lahir di Cilacap, 16 Mei 1963, Jodhi mulai merintis dunia sastra sejak tahun 80-an akhir. Dia menyanyikan puisi di berbagai kota dan negara dengan label “Nyanyian Puisi Jodhi Yudono”.

Pernah membuat album kompilasi berjudul “Satu Hati” bersama Iwan Fals, Doel Sumbang, Trie Utami dan kawan-kawan, Jodi pun larut dalam album bertajuk “Angin pun Berbisik” bersama duo Endah n Resha.

Tidak hanya itu, pada 1993, Jodhi pun turut menggarap ilustrasi musik Sinetron “Lelaki dari Tanjung Bira”. Lalu pada 2012, dia meluncurkan mini album berjudul “Kata Hati”.

Kendati bekerja sebagai wartawan di media online Kompas serta menjadi Ketua Umum IWO, aktivitas Jodhi dalam menyanyikan puisi dari pangung ke panggung tetap dilakoninya. Tidak hanya di pentas pertunjukkan, Jodhi pun senantiasa bernyanyi di rumah kawan-kawannya yang sedang sakit sebagai penghiburan dan terapi kesembuhan.

“Cerita Buat Lila”

Kini, Jodhi sedang memersiapkan “Cerita buat Lila”, sebuah pementasan spesial. “Cerita buat Lila” merupakan konser persembahan cinta Jodhi Yudono untuk sang isteri, Violi Lila, yang meninggal 16 Februari 2017 lalu.

Sepanjang konser Jodhi akan menyanyikan lagu-lagu ciptaannya yang digubah dari puisi-puisi karya sendiri, maupun karya penyair lain seperti WS Rendra dan Chairil Anwar.

“Cerita buat Lila” sendiri merupakan salah satu puisi dan lagu yang dibuat Jodhi khusus untuk sang istri. Puisi ini menyerupai dongeng pengantar tidur yang  kerap dinyanyikan bersama di pembaringan.

Seperti buah tradisi, “Cerita buat Lila” pun selalu dibawakan Jodhi dalam setiap konser tunggal, pada berbagai tema. Seperti dalam konser “Betapa Cinta”, “Baduy Kembali”, “Dendang Sajak Penyair Minang”, serta  “Aku, Chairil, dan Rendra”.

Didukung oleh beberapa penyair dan musisi dari beberapa kota, Jodhi siap tampil istimewa dengan puisi-puisi cinta untuk Lila, sang istri yang tengah di surga. (mys/try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *