BisnisFigur

Sri Mulyani Raih Penghargaan Menteri Terbaik Se-Indonesia, Begini Cerita Dibaliknya…

BEKASI, ilookbekasi.id –

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang berlangsung di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Baca Juga: Penutupan Tak Bertahan Lama, Alexis ‘Jualan Lagi’

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

MENTERI Keuangan Sri Mulyani menerima penghargaan dari emimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum/net

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Dia mengatakan penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya dibidang ekonomi.

Sri Mulyani juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

MENTERI Keuangan Sri Mulyani saat menghadiri upacara kenegaraan/net

“Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil,” ujar dia, seperti dikutip Liputan 6 dalam keterangan tertulis, Minggu (11/2/2018).

Baca Juga: Naikkan Biaya Pemeliharaan dan Air Semena-mena, Lippo CIkarang Didemo Warga Sendiri

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia.

Forum tersebut menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan.

World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional.

MENTERI Srie Mulyani/net

Cerita Dibalik Penghargaan

Sri Mulyani menjelaskan, dirinya telah diberitahu seminggu sebelum ajang penghargaan tersebut berlangsung. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut diminta untuk menerima penghargaan tersebut.

“Saya diberi tahu oleh panitia World Government Summit, sekitar seminggu sebelumnya bahwa atas penilaian yang mereka lakukan dengan meng-hire Ernst & Young, bahwa saya diminta untuk hadir karena akan mendapatkan award sebagai menteri terbaik di dunia,” ujar dia.

Menurut Sri Mulyani, selain dirinya, ada tujuh nama lain yang masuk dalam penilaian dan menjadi kandidat penerimaan penghargaan. Selain itu, ada juga sejumlah kriteria yang dinilai.

“Kemudian kita komunikasi, tentu dari sisi kriteria dan apa yang dicari, kemudian sepenuhnya dilakukan oleh independen konsultan seperti Ernst & Young,” kata dia.

MENTERI Keuangan Sri Mulyani/net

Selain itu, kata Sri Mulyani, penilaian juga diberikan berdasarkan pendapatan dari sektor usaha, media massa, dan media sosial terhadap para calon peraih menghargaan.

“Di dalam hasil yang disampaikan, mereka mendapat dari berbagai sumber. Jadi dalam hal ini pencarian dari semua menteri, ada delapan menteri yang dinominasikan. Dari delapan yang dinominasikan, mereka mendapatkan feedback seluruh dunia, swasta, media massa, media sosial, investor, dan laporan-laporan yang kemudian ditentukan,” ucap dia.

MENTERI Keuangan Sri Mulyani nge-vlog bareng Presiden joko Widodo

‎Bagi Sri Mulyani, penghargaan ini bukan hanya sekadar kebanggaan, tetapi juga beban. Sebab, dengan penghargaan tersebut, dirinya dituntut untuk bekerja lebih baik lagi.

“Namanya serius banget, beban berat buat saya,” ucap dia. (try)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *